Posted on

Tips Lobi Orang Tua untuk Menikah

Lobby Orang Tua untuk Menikah

Untuk laki-laki memang gak wajib ada wali saat menikah, tapi utk perempuan mah gak bisa nikah tanpa wali yang sah, dalam hal ini ayah. Niat nikah udah kuat, calon udah mendekat, etapi ijin ortu malah belum dapat, maka restu ortu perlu banget didapet. *puk puk & mendoakan yang belum dapet restu. (ini yang perlu usaha)

Tapi utk laki-laki gak enak juga kalau menikah tanpa restu, apalagi akan ada orang lain yang gabung di keluarga kita. Lobi ortu itu dari sekarang, walau nikahnya belum tau kapan. Persiapkan mereka utk melepasmu dear 🙂

Persiapkan Orang Tua, Mereka Paling Tahu Diri Kamu

Mulailah bicarakan perihal pernikahan saat SMA, biar kalau tiba-tiba ada yg datang, orangtua sudah siap. Siapkan dari jauh-jauh hari. Jelaskan kepada mereka tentang dirimu yang sudah siap menikah. Tunjukkan dengan tingkah laku juga.

Biasanya males-malesan di rumah, coba deket-deket sama dapur, minta ajarin sama ibu ttg resep masakan. Buat beliau yakin. Biasanya sering ngambek kalau gak diturutin keinginannya, cobalah utk belajar berdiplomasi, lobi ortu dan doakan mereka 🙂


Cek Koleksi Jilbab Segi Empat dari Kami: Disini →


 Mapan Dulu, Perlukah?

Mau Mapan Dulu, Kapan?
sumber: fc4pentingers.wordpress.com

Gimana kalo ortu gak ngizininnya karna dinilai belum mapan? Nah ini tergantung banget dengan dirimu dear. Kamu udah yakin belum? Udah mempersiapkan apa untuk kehidupan setelah nikah? Jangan terjun bebas. Samudra itu penuh gelombang ombak.

Kuci dari lobi ortu adalah keyakinan diri kita akan kesiapan menikah. Buat mereka yakin dulu dengan kita baru ajuin calon. Saat mereka sedang keras, jangan sampai kita ikutan keras juga. Santun ngobrolnya pake hati. Sambil perlihatkan: “Aku udah dewasa”.

Saat Calon Sudah di Depan Mata

Udah ada Calon Tuh!
sumber: fc4pentingers.wordpress.com

Saat ada yg majukan diri utk melamar, perkenalkan ke ortu langsung, jangan sampai mereka merasa tidak dilibatkan. Kalau perlu kita nabung & punya usaha juga sebelum nikah, jadi saat ortu nolak karna alasan “Mapan” kita bisa lobi dengan logis mantap!

Perlu juga dibicarakan ke ortu ttg pernikahan-pernikahan saudara kita yang sukses walau awalnya dinilai belum mapan. Ajak mereka kenal dengan “tokoh-tokoh” nikahMuda yg awalnya diragukan kesanggupannya, tapi mereka bisa membuktikan kalau mereka bisa.

Jangan sampai berburuk sangka sama ortu, biasanya mereka begitu karna tak mau hidupmu tak tentu nantinya 🙂


Cek Koleksi Gaun dan Gamis dari Kami: Disini →


Makanya sangat perlu dirimu yakin dulu dengan kesiapanmu dear, tanya2 juga tentang awal mula kedua orangtuamu menikah (nostalgia ceritanya) 😛

Yang biasanya kurang dekat dengan ortu, saatnya merapat dekat mereka. Pahami psikologis ortumu. Jangan menyerah untuk me-lobby. Pahami apa saja yg membuat mereka ragu, nah tugas kita membuat keraguan mereka hilang. Jangan menambah mereka ragu dg menentangnya.

“Ma, ada temen yg ngundang nikah ni, kalau aku kapan ngundang ya?”. Kalimat modusin ortu, lobi pelan-pelan. 😀

“Ih ma, liat deh dedek bayinya lucu, mama kapan mau nimang bayi dariku?” < modus lobi lagi >.<

Utk akhwat, bener-bener penting banget utk lobi, lobi dari hati akan sampai ke hati, tenangin diri sebelum lobi, jangan su’udzon duluan 🙂

Kalau memang sudah lobi dan ditolak, perbaiki lagi caranya, jangan lupa doa & isi ruhiyah kita. Berpengaruh banget lho dear. Traktir makanan kesukaan, hadiahin jilbab, ajak jalan2, buat mereka nyaman dengan dirimu sebelum lobi. Pilih waktu yang tepat, jangan saat mereka sedang rempong atau emosi. Basa basi tanya ttg hal2 ringan sebelum lobi nikah.

Akhlak yang baik insya Allah akan luluhkan hati mereka. Jika belum luluh juga, doakan agar Allah buka restu dari Orang Tua kita masing-masing.

sumber: Kul-twit Founder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.